Pesawat Kargo Super Besar di Dunia

Super Guppy
Super Guppy
Outsized Freigter memang unik, Pesawat yang volume kargonya menyamai pesawat kargo raksasa ini mampu mengangkut komponen besar yang bersifat ringan. Seperti Beluga, pesawat ini memiliki kapasitas angkut sebanyak 40 ton yang hampir sama kapasitasnya dengan pesawat A300 Freighter, Namun ada pesawat akrgo yang bisa mengangkut beban sampai dengan 150 ton.

Tidak mengherankan ia tidak populer sebagai pesawat kargo dan memang begitu seharusnya, terbatas hanya dipakai untuk membantu proses produksi dan perakitan pesawat, terbang dari satu airport pabrik ke airport pabrik lainnya.


Di dunia ini sedikit sekali pesawat kargo super besar yang beroprasi, pesawat kargo paling terkenal adalah Aero Spacelines, tetapi Boeing dan Airbus juga memiliki pesawat mereka sendiri yang bertigas untuk mengirim bagian-bagian pesawat bereka. Keberadaan pesawat super besar ini pertama kali diciptakan oleh John m. Conrey dia adalah pembuat dari pesawat CL-444 Conroy Skymaster dan Aero Spacelines Guppy.


Aero Spacelines Guppy
Boeing 377 Stratocruiser
Boeing 377 Stratocruiser
Pada awal tahun 1960an John M. Conrey mulai membeli Boeing 377 Stratocruiser karena dia Percaya Bahwa NASA pasti akan menggunakan pesawat tersebut. Dia bergabung dengan pasa insinyur untuk membuat Guppy. Aero Spacelines membuat tiga versi pesawat yaitu Pregnant Guppy, Supper Guppy dan Mini Guppy.

Pregnant Guppy
Pregnant Guppy
Pregnant Guppy
Pesawat yang pertama kali terbang pada tahun 1962 ini menajdi pesawat pertama Guppy series. Hanya dibuat satu buah dan menghabiskan sepanjang hidupnya di NASA Apollo program yang akhirnya dirucat pada tahun 1975

Super Guppy
Super Guppy
Super Guppy

Perbandingan Boeing 377 Stratocruiser, Pregnant Guppy, dan Super Guppy
Perbandingan Boeing 377 Stratocruiser, Pregnant Guppy, dan Super Guppy

Super Guppy dibuat lima tahun kemudian setelah Pregnant Guppy dibuat. Super Guppy dibuat dari versi militer Boeing 377 Stratocruiser, yaitu Boeng C-97 Stratocruiser, Supper Guppy memiliki bentuk lebih besar dan tenaga yang lebih kuat daripada pendahulunya Pregnant Guppy. Airbus mengoprasikan 2 Super Guppy dan kemudian membeli hak untuk memproduksinya. Airbus 2 seuper Gppy menjadikanya  total ada lebih dari lima pesawat. Operator lain dari super guppy adalah Aeromaritime dan NASA dan sampai sekarang super guppy amsih beroprasi untuk NASA.

Mini Guppy
Mini Guppy
Mini Guppy
Mini Guppy merupakan model terakhir dari Guppy, dibuat  hanya sebanyak dua unit  Mini Guppy pertama kali melakukan penerbangan apda tahun 1967 dan yang kedua terbang apda tahun 1970 yang akhirnya mengalami kecelakaan pada mei 1970. Pesawat ini hanya memiliki umur selama dua bulan saja.

Inilah Foto lain dari Pesawat Aero Spacelines Guppy


Memasukan Muatan Kedalam Guppy
Memasukan Muatan Kedalam Guppy

Pintu Pesawat Dibuka
Pintu Pesawat Dibuka

Super Guppy Tampak Depan
Super Guppy Tampak Depan

Guppy Memuat Bagian Pesawat
Guppy Memuat Bagian Pesawat

Conroy Skymonster

Conroy Skymonster
Conroy Skymonster
Setelah John M. Conroy mendesai Guppy, akhirnya dia kembali mendesain pesawat baru dengan model lainya, berdasar dari Canadair CL-44 Freigher, Conroy Skymonster Akhirnya dibuat. Pesawat yang didesain untuk mengangkut mesin dari Irlandia ke California ni hanya dibuat satu unit dan memiliki sejarah pengoprasian yang sangat panjang. 

Skymonster pernah dioperasikan oleh British Cargo Airlines, Heavylift Cargo, Buffalo Airways dan Azerbaijan Airlines. Skymonster disimpan di Bournemouth Airport, UK pada tahun 1999. Pada 2008, Skymonster direncanakan untuk kembali beroperasi di Australia tetapi British Aviation Authority melarang pesawat beroperasi karena masalah perbaikan. dan sampai sekrang pesawat ini masih di simpan di UK.


Canadair CL-44
Canadair CL-44
Conroy Skymonster
Conroy Skymonster

Itulah beberapa pesawat kargo super besar di dunia yang pernah dibuat di jamanya.

Label: ,