6 Kota Bawah Tanah Paling Indah di Beragam Negara

Pernah terbayang untuk tinggal disebuah kota yang terdapat dibawah tanah? Mungkin saja cuma di film-film fantasy saja. Namun tunggulah dahulu, didunia ini ada kok kota-kota bawah tanah serta tidak kalah indahnya. Ada 6 kota bawah tanah yang menyebar di beragam negara didunia ini. Inilah ke 6 kota bawah tanah itu.

1. City of Caves – Inggris



Broadmarsh Shopping Center di Nottingham, Inggris. Mungkin saja bila dipandang sepintas memanglah seperti pusat perbelanjaan umum saja. Namun siapa yang menganggap bahwa di Mall itu ada suatu pintu masuk yang mengarahkan kita pada suatu kota dibawah tanah, City Of Caves.

Kota bawah tanah ini dipakai juga sebagai rumah mulai era ke-11 hingga th. 1984. Hingga sekarang ini, beberapa arkeolog masih tetap menggali untuk temukan gua baru. Anda dapat memasukinya melalui tour komplit dengan pemandu.

2. Seattle Underground – USA


Pada th. 1889 pernah berlangsung suatu kebakaran hebat di kota Seattle, yang meluluh lantahkan kota itu. Sesudah kebakaran selesai, beberapa masyarakat serta pemerintahan setempat mengambil keputusan untuk bangun suatu kota baru dibawah reruntuhan kota Seattle yang habis dikonsumsi api.

Kita dapat masuk ke kota bawah tanah Seattle ini lewat suatu tur yang disiapkan, kita dapat lihat sisa-sisa bangunan seperti rumah serta pertokoan yang masih tetap cukup utuh serta tertangani.


3. Cappadocia – Turky


Kota yang di bangun pada era ke-8 ini terlihat indah, seperti suatu karya seni yang dipahatkan pada suatu lereng gunung yang gersang. Beberapa orang yang nikmati keindahan Cappadocia dengan memakai balon hawa, tetapi dibagian dalamnya juga tidak kalah indah. Ya, sisi bawah tanahnya.

Derinkuyu, adalah gua di Cappadicia sedalam 60 mtr. yang dapat menyimpan 20. 000 masyarakat berbarengan keperluan keseharian mereka. Nyaris 1/2 sisi Derinkuyu terbuka untuk wisatawan. Anda dapat juga menuju gua selanjutnya yaitu Kaymaklli, dengan melalui terowongan selama 8 Km.


4. Paris Catacombs – Prancis


Paris bisa saja cantik dibagian luar, namun misterius dibagian dalam. Pas dibawah tanah Kota Paris ada kuburan massal yang menaruh beberapa ribu tulang serta tengkorak manusia, datang dari th. 1785-1860 waktu Revolusi Prancis. Kuburan ini bernama Paris Catacombs.

Wisatawan pemberani dapat masuk Paris Catacombs serta mengeksplorasi terowongan dengan keseluruhan panjang 289 Km. Paris Catacombs terdapat 20 mtr. dibawah permukaan tanah.

5. Wieliczka – Polandia


Tambang garam Wieliczka di selatan Krakow, Polandia, telah ada mulai sejak era ke-13. Anda tidak bakal menganggap ada kota bawah tanah secantik ini, seperti ada di bangunan yang terbuat dari batu.

Wieliczka memanjang 3, 2 Km, tetapi cuma 2% bagiannya yang dapat dimasuki wisatawan. Banyak hal yang dapat dipandang diantaranya patung, gereja serta katedral yang dipahat sendiri oleh beberapa penambang, serta suatu ruang besar dengan lampu gantung yang di buat dari garam.

6. Coober Pedy – South Australia


Baca juga 5 Perpustakaan Paling Indah Di Seluruh Dunia

Kota bawah tanah di South Australia ini ditempati 3. 000 masyarakat. Mereka betul-betul tinggal dibawah tanah komplit dengan restoran, hotel, serta pertokoan. Coober Pedy yaitu tempat produksi Opal, salah satu type batu mulia, paling besar sedunia. Orang-orang setempat lalu mengambil keputusan untuk bekerja sekalian tinggal dibawah tanah.

Label: ,